Blender Basic #1

Kamis, 14 Oktober 2010

BismiLLAH,

Okay, kali ini sebelum tidur saya ingin berbagi tentang Aplikasi favorit saya, Blender. Blender merupakan aplikasi 3D yang powerful, mengapa saya mengatakan powerful? Karena Blender ini mampu membuat animasi maupun still images 3D berkelas PRO.



Satu lagi, software Blender ini merupakan FOSS atau Free Open Source Software. Saya gag akan terlalu membahas banyak tentang sejarah Blender, anda semua bisa membaca langsung di situsnya disini.

Kita langsung menuju pembahasan blender tahap pemula. Kali ini kita akan membahas Interface Blender dan sedikit kutomisasi untuk mempermudah project yang sedang kita kerjakan.

blender 254 splash
Splash screen
Gambar disamping merupakan splash screen dari Blender 2.5.4 Beta, walaupun beta namun saya pastikan anda mampu memahami user interface dengan mudah. Project terakhir yang kita kerjakan akan tampak di splash screen.

Untuk presets bisa di ganti menjadi Maya atau Blender. Bagi yang familiar dengan maya bisa merasakan tampilan maya di blender. Saya biasanya langsung menggunakan presets karena saya sebelumnya belum pernah menggunakan maya.

 berikut ini adalah gambar UI blender secara keseluruhan




Nah, gambar di atas itu namanya Scenes, default scenes. Setiap kita memulai, selalu muncul seperti diatas. Disitulah nantinya kita akan melakukan banyak hal terutama modelling.

Trus juga blender itu punya spesifikasi hardware khusus, yaitu
  1. 3 button mouse with wheel
  2. Keyboard with numpad
Untuk 3 button mouse mungkin tak jadi masalah bagi pengguna laptop, namun bagaimana dengan numpad? padahal numpad ini memiliki fungsi yang cukup signifikan yaitu navigasi scenes.

Berikut adalah sedikit kustomisasi untuk mengemulasi 3 mouse button dan numpad.


  1. Pilih seperti dropdown menu di gambar atau bisa langsung tekan shortcut ctrl+alt+U
  2. Pada tab input, anda bisa memilih opsi emulate 3 button mouse, sangat berguna bagi mereka yang masih menggunakan 2 button mouse. dengan mengaktifkan opsi ini maka akan memfungsikan alt+left mouse button sebagai middle mouse
  3. Pilihan selanjutnya yaitu emulate numpad, nah opsi ini akan mengaktifkan 1-0 keys sebagai numpad. Jadi bagi pengguna laptop tidak usah lagi tekan fn+numlock. 
  4. Save as default, jika kita menutup aplikasi dan membukanya kembali nanti, maka setting kustomisasi yang sudah kita rubah akan tetap. Jadi kita tak perlu menyeting dari awal lagi.
Sekian untuk sesi kali ini, InsyaALLAH kita akan lanjutakan...so, stay tune !

0 komentar:

Posting Komentar

Follow us

License