Konversi RGB ke CMYK di LINUX

Kamis, 28 Oktober 2010

BismiLLAH,

Pastinya kita udah familiar dengan istilah RGB dan CMYK, namun apakah kita sudah kenal dengan keduanya. Postingan kali ini bukan ingin memahamkan anda tentang apa itu RGB dan CMYK. Namun lebih ke sharing experience, yaitu tentang konversi RGB ke CMYK di Gnu/Linux (atau ubuntu lebih tepatnya ^_^).


Baik pertama akan saya bahas tentang apa itu RGB. RGB adalah pancaran warna yang biasa ditampilkan oleh layar monitor. Cahaya RGB (Red, Green, Blue) mampu menghasilkan banyak warna dan sifatnya Additive atau saling menambahkan. Sementara CMYK (cyan, magenta, yellow, dan black) adalah warna-warna yang bersifat subtractive atau memisahkan.

Red, Green, Blue - Additive Color
Cyan, Magenta, Yellow - Subtractive color

Dan tahukah anda bahwa printer yang kita gunakan, hanya mendukung warna CMYK bukan RGB. Bahkan untuk digital printing sekalipun harus menggunakan gambar dengan colorspace CMYK. Jika kita memiliki gambar dengan format RGB, maka kita harus mengkonversinya ke CMYK jika ingin di cetak.

Spektrum warna tampak dengan range printer
Masalah muncul disini, karena saya menggunakan Inkscape dan setahu saya setiap hasil export di inkscape adalah PNG dengan colorspace RGB. Iseng-iseng sambil mesen backdrop untuk acara maverick release party kemaren saya interogasi tuh clerk digital printing tempat saya pesen backdrop.

Hasil interogasi waktu itu adalah bahwa printer hanya mampu mencetak gambar dengan profil color CMYK, dan tidak mampu dengan RGB.

Sekarang yang harus saya lakukan adalah mencari software alternative yang mendukung untuk konversi warna ke CMYK. Dan saya menemukannya ! AlhamduliLLAH.

CMYK Tool
Software ini bernama CMYKtool. Canggih dan sangat memudahkan saya. Terima kasih kepada Alastair M. Robinson yang sudah membuat aplikasi dan PPA untuk stable versinya.

Langsung saja ke instalasi aplikasi, panggil terminal dan ketik
sudo gedit /etc/apt/source.list

Setelah itu copy baris berikut ke file source.list yang sedang terbuka di gedit.
deb http://ppa.launchpad.net/amr/blackfiveimaging/ubuntu lucid main
deb-src http://ppa.launchpad.net/amr/blackfiveimaging/ubuntu lucid main

Jika sudah, save file tersebut dan close. Masih di terminal kini ketik
sudo apt-get update
sudo apt-get install cmyktool

Dan satu lagi terlupa, untuk color profile bisa unduh dari adobe. Berikut ini linknya
Download the Adobe RGB (1998) ICC profile

Setelah itu bisa di copy-kan file icc tersebut di salah satu lokasi dibawah ini:
/home/username/.local/share/color/icc>
/usr/share/gnome/color/icc
/usr/local/share/color/icc
/usr/share/color/icc (terbaik untuk semua user)

Kini setiap file gambar RGB anda dapat dengan mudah di konversi ke CMYK menggunakan applikasi ini. Okay, sekian untuk kali ini. jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komen yah.

Thanks.

1 komentar:

Ipruznlove mengatakan...

png kalau dibuka photoshop, bisa dikonvert menjadi CMYK tanpa mengubah kualitas warna. Jadi di Linux untuk mengubah ke CMYK kita tidak perlu tool apa-apa kecuali operator digital printing yang nggak tahu.

Justru masalah yang muncul ketika kita mengubah colorspace sebuah image dengan menggunakan CMYK tool adalah kualitas warna menjadi redup karena penambahan unsur K (Black). Dan agar warna hasil konvert ke CMYK sesuai dengan harapan kita, tidak ada jalan lain untuk itu kecuali menggunakan software komersil. GIMP pun masih belum bisa mendukung format CMYK.

Akan tetapi, jika kita mengandalkan menu Image > Mode di Photoshop, unsur Black di monitor kelihatannya tidak masalah tapi menjadi masalah kalau dicetak karena sebenarnya warna itu bukan Black tapi C100M100Y100 yang menhasikan warna coklat tua.

Jadi bagaimanapun usaha kita, onversi RGB > CMYK tetap menjadi masalah yang belum bisa dipecahkan.

Posting Komentar

Follow us

License